Pusat Komunitas

Server Discord Fandom Indonesia telah tersedia klilk tautan berikut untuk bergabung: [1]https://discord.gg/B3HmHJpyFx

READ MORE

Pusat Komunitas
Advertisement

Karena kami sedang melanjutkan transisi platform komunitas kami menuju Unified Community Experience (UCX) yang baru, kamu sekarang mendapatkan kesempatan untuk merancang dan menguji bagaimana komunitasmu akan terlihat seperti apa.

Bagi kebanyakan dari kamu, selain tema dasar dan pola warna wiki, akan ada hal lain untuk diuji dan didesain ulang. Mengubah tampilan wikimu sering kali melampaui apa yang sudah menjadi bawaan dan masuk ke ranah kustomisasi yang lebih dalam.

Seperti yang akan kami jelaskan, dengan peluncuran UCX, kami juga meluncurkan Kebijakan Kustomisasi yang diperbarui seperti aturan tentang bagaimana dan apa yang dapat kamu sesuaikan di komunitasmu. Berdasarkan umpan balikmu dari versi Kebijakan Kustomisasi sebelumnya, ada beberapa hal yang kami yakin dapat menawarkan pendekatan yang lebih terbuka. Namun, masih ada beberapa aturan keras dan erat serta hitam dan putih yang harus kami buat. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut!

Menyeimbangkan[]

Kustomisasi dan identitas komunitas selalu menjadi inti dari pengalaman di Fandom. Itulah mengapa Fandom telah mengembangkan UCX dengan mempertimbangkan kustomisasi pengguna yang lebih lanjut. Sementara kami menguji, menjelajahi secara terus-menerus tampilan "bawaan", kami juga memeriksa banyak komunitas yang sudah dikustomisasi dan mencoba memahami bagaimana lapisan tambahan dari kustomisasi yang dibuat pengguna akan memengaruhi tampilan akhir.

Namun, meskipun kustomisasi itu penting harus ada batasan logis dari apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Saat orang berpindah dari satu komunitas ke komunitas lain lalu berubah dari pembaca menjadi editor hingga bahkan pendiri, penting bagi mereka untuk dapat mengambil apa yang mereka pelajari dari suatu wiki dan mengembangkannya. Bagian penting dari pengalaman belajar ini adalah mendapatkan antarmuka pengguna dan fitur yang konsisten karena pengunjung harus dapat mengandalkan antarmuka dan fitur yang ada di suatu wiki tujuan saat mereka berselancar di antara banyak Fandom.

Kebijakan Kustomisasi di bawah ini ada untuk menjaga keseimbangan penting ini diantaranya kustomisasi dan ekspresi kreatif di satu sisi dan konsistensi serta kegunaan di sisi lain. Secara khusus, versi baru dari kebijakan kustomisasi ini akan sangat berfokus pada kegunaan dari suatu komunitas. Meskipun kami mengizinkan banyak bagian dari desain untuk dimodifikasi daripada versi sebelumnya pada kebijakan ini, kami akan lebih agresif dalam memastikan pembaca dengan berbagai tingkat kemampuan teknologi dan fisik akan dapat menggunakan komunitasmu.

Pedoman Umum[]

Hanya karena kamu "bisa" melakukan sesuatu tidak berarti kamu "harus". Meskipun ada beberapa hal spesifik yang kami izinkan dan tidak izinkan tercantum lebih jauh di bagian bawah halaman ini, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum melanjutkan kustomisasi.

Perancang Tema - Kami telah membuat banyak opsi kustomisasi ke dalam alat Perancang Tema kami. Hal ini dimaksudkan untuk memungkinkanmu agar dengan cepat dan mudah membuat perubahan pada desainmu tanpa harus mengacaukan kode CSS/JS yang rumit. Sebaiknya gunakan alat yang dibuat khusus untuk desain situs daripada harus mengonfigurasi kode secara manual dimana pada akhirnya dapat memiliki konsekuensi tak terduga.

Diskusikan perubahan dengan komunitasmu. - Selalu penting untuk memastikan komunitasmu mengikuti perubahan desain situs. Apa yang terlihat baik bagi kamu mungkin terlihat buruk bagi orang lain. Penting juga untuk mempertimbangkan apakah perubahan yang diusulkan memecahkan masalah atau batasan dengan desainmu saat ini. Jika tidak, apakah perubahan itu benar-benar diperlukan?

Pertimbangkan kegunaan. Yang penting, ingatlah bahwa ada individu yang menggunakan situsmu yang mungkin memiliki keterbatasan fisik yang dapat membuat kustomisasimu merusak pengalaman membaca atau mengnyunting mereka. Hindari ketergantungan pada kode warna tertentu sehingga menjadi inklusif bagi individu yang memiliki keterbatasan buta warna. Pastikan font atau ukuran font khusus dapat dibaca oleh mereka yang memiliki penglihatan kurang baik - uji pada pembaca layar jika memungkinkan. Jangan lupa desain yang kurang jelas dapat membebani bahkan mereka yang memiliki penglihatan normal.

Pertimbangkan ukuran layar. Ingatlah bahwa desain desktop UCX memiliki luas yang dapat disesuaikan, jadi tampilan kustomisasi di layar kamu mungkin terlihat berbeda di layar lainnya. Mungkin benar jika kamu memiliki monitor yang lebih besar dari rata-rata. Meng-hardcoding perubahan CSS untuk mengatur ruang dengan cara tertentu di layarmu dapat secara tidak terduga memampatkan atau mendistorsi pengalaman melihat bagi pengguna lain.

Pertimbangkan kinerja. Penting juga untuk mempertimbangkan bahwa file CSS & JS membutuhkan waktu komputasi dan rendering, terutama jika kamu memuat gambar. Kecepatan yang buruk dapat merusak SEO-mu. Ini juga dapat memengaruhi pengguna dengan koneksi bandwidth lebih rendah. Jika kamu harus memuat gambar menggunakan CSS atau JS, pastikan ukurannya sekecil dan sekompresi mungkin.

Apa ysng Diizinkan dan Tidak[]

Penting untuk dicatat bahwa semua kebijakan berikut berlaku untuk JavaScript & CSS tingkat situs (yaitu kode yang disimpan di ruang nama MediaWiki pada wikimu). Kamu dapat terus menggunakan JavaScript/CSS pribadi sesukamu selama itu tidak mempengaruhi pengguna lain. Harap perhatikan juga bahwa, seperti yang disebutkan pada bagian sebelumnya, jika kustomisasi membuat beberapa bagian dari komunitas tidak dapat digunakan, terlepas dari "area" apa yang terpengaruh oleh kustomisasi, kami akan memintamu untuk mengubah atau menghapusnya.

Ruang Konten Artikel Komunitas dapat menyesuaikan area konten komunitas mereka (yaitu area halaman tempat konten yang disubmit pengguna ditampilkan) sesuai keinginan.
Elemen Antarmuka Dasar & Iklan Antarmuka pengguna dan iklan adalah fungsi dasar yang diharapkan dari sebuah situs, dan harus tetap ada. Misalnya, pengunjung harus selalu melihat tombol "Sunting" atau tombol "Perubahan Terbaru" di tempat yang sama, dan tombol itu akan berfungsi seperti yang mereka harapkan. Selain itu, kursor khusus tidak diizinkan. Beberapa fitur bersifat opsional, tetapi ini harus dikelola melalui pengaturan atau dengan bantuan staf, daripada malah dihapus melalui CSS. Ini membantu kami melacak fitur dan mendapatkan data akurat tentang bagaimana fitur tersebut digunakan di seluruh Fandom.
Latar Belakang Situs Latar belakang halaman yang lengkap dapat dimodifikasi menggunakan CSS untuk mengganti atau melengkapi gambar tipe “tajuk halaman”. Perubahan lain pada latar belakang mungkin tidak memaksa situs untuk dirender dalam lebar tertentu atau mengubah fluiditas tata letak.
Navigasi Global Kami menganggap ini sebagai elemen inti dari sebuah situs karena fungsinya baik bagi penjelajahan lintas wiki dan sebagai jalan masuk bagi pengalaman pribadi pengguna. Dengan demikian, bilah navigasi global sebelah kiri tidak boleh diubah, diposisikan ulang, dikaburkan, atau terpengaruh dengan cara apa pun.
Navigasi Situs Menu tingkat atas tambahan tidak boleh ditambahkan ke navigasi lokal di luar fungsi yang diizinkan melalui alat navigasi. Item tambahan pada semua menu turunan lainnya dapat ditambahkan jika diperlukan.
Tajuk Halaman Artikel Tajuk halaman dapat dimodifikasi melalui penggunaan font yang berlisensi dengan baik. Namun, staf Fandom akan sangat proaktif dalam menangani masalah apa pun yang berdampak negatif terhadap kegunaan bagian halaman ini dan akan meminta kamu untuk mengubahnya jika kami menganggapnya tidak dapat digunakan.
Rel Kanan Elemen dan modul tambahan diizinkan untuk ditempatkan di rel kanan, di bawah elemen bawaan. Namun tidak boleh untuk menghilangkan penempatan modul iklan di ruang tersebut.

Lihat juga[]

Bantuan dan umpan balik lebih lanjut[]

Advertisement